SELAMAT DATANG

WELCOME TO MY BLOG PLEASE ENJOY

menu bar

Untitled Document
HOME MYPROFILE OTHER LINK

-

TERIMA KASIH ANDA SUDAH MENGUNJUNGI BLOG SEDERHANA INI SEMOGA BERMNFAAT UNTUK ANDA

ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN

ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN



Sejarah Ilmu Administrasi..
• diketahui bahwa pada kira-kira tahun 1300 SM, bangsa Mesir telah mengenal
Administrasi.
•Max Webber, seorang sosiolog berkebangsaan Jerman yang terkemuka pada zamannya,meyakini mesir sebagai satu-satunya negara yang paling tua yang memiliki adiministrasi birokratik


•Demikian juga di Tiongkok kuno, dapat diketahui tentang konstitusi Chow yang dipengaruhi oleh ajaran Confucius dalam “Administrasi Pemerintahan”.


•430 SM ,Yunani dengan susunan kepengurusan Negara yang demokratis,


•Romawi dengan “De Officiis dan “De Legibus”nya Marcus Tullius Cicero;


•abad 17 di Prusia, Austria, Jerman, dan Prancis, dengan Kameralis, yang mengembangkan ilmu Administrasi Negara, misalnya system pembukuan dalam hal Administrasi Keuangan Negara, Merkanitilis (sentralisasi ekonomi dan politik) dan kaum Fisiokrat yang berpengaruh selama kurun waktu 1550-1700-an.




Awal Pemikiran administrasi awalnya dikuasai oleh nilai-nilai budaya yang anti bisnis, anti prestasi, dan sebagian besar anti manusia. Indusrialisasi tidak bisa muncul apabila orang-orang harus menjadi pusat-pusat mereka dalam hidup, bila raja-raja yang dikuasai oleh pusat, mendikte, dan bila orang-orang dihimbau untuk mengambil tida bermaksud untuk pemenuhan yang individu di dunia ini tetapi untuk menantikan seseorang yang lebih baik.










Adapun pengertian luas dan sempit dari Administrasi adalah


*Administrasi dalam arti sempit, yaitu berasal dari kata “administratie”
(bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan: catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat Teknis ketatausahaan.




*Administrasi dalam arti luas, yaitu dari kata “administration” (bahasa Inggris). Administrasi merupakan kegiatan dari pada kelompok yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuan.


Administrasi menurut “Ilmu” ...
*suatu ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang bersifat kooperatif dan bagaimana cara-cara merealisasikannya yang terkumpul secaras sistemasi.




Administrasi sebagai “Seni” adalah...
*merupakan proses kegiatan yang perlu dikembangkan secara kontinu, agar administrasi sebagai suatu cara untuk mencapai tujuan yang benar-benar dapat memberi peranan yang diharapkan




Ciri-Ciri Administrasi ...
•Adanya kelompok manusia (2 orang atau lebih)
•Adanya kerjasama dari kelompok tersebut
•Adanya kegiatan, proses, usaha
•Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan Adanya tujuan kelompok




MANAJEMEN
*Manajemen berasal dari bahasa latin yaitu dari kata manus yang berarti tangan dan agere yang berarti melakukan, digabung menjadi kata kerja managere yang berarti menangani, managere diterjemahkan kedalam bahasa inggris dalam bentuk kata kerja to manage untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen akhinya management diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi manajemen/ pengelolaan


manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
•Manajemen sebagai suatu proses,
•Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
•Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
• manajemen mutlak diperlukan dalam setiap bidang kegiatan usaha yang melibatkan 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu dengan melalui kerja sama serta dengan memanfaatkan sumber-sumber lain


Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions) menurut para ahli
Louis A. Allen :
• Leading,
• Planning,
•Organizing,
•Controlling.


Prajudi Atmosudirdjo :
• Planning,
•Organizing,
• Directing, atau Actuating
•Controlling.

John Robert B., Ph.D :
•Planning,
•Organizing,
• Commanding, Controlling

Henry Fayol :
•Planning,
• Organizing,
•Commanding,
•Coordinating,
•Controlling.

Luther Gullich :
•Planning,
•Organizing,
•Staffing,
•Directing,
•Coordinating,
•Reporting,
•Budgeting.

PENJELASAN
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran.

Organizing : dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.


Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :
•Mengambil keputusan
•Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
•Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
•Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta
•memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.


Directing/Commanding
adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.


Reporting Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.


Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi

Forecasting adalah meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.


Tingkatan Manajemen
(Management Level).
•Manajer lini garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak membawahi manajer yang lain.
•Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional. Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi